Hi! WELCOME TO MY BLOG

Jumat, 10 Mei 2013

MUSIK DUBSTEP


DUBSTEP

            Akhir-akhir ini saya sedang menggemari musik-musik dubstep, tidak tahu penyebabnya saya bisa menyukai music ini, tetapi saat pertama kali saya mendengarnya membuat telinga saya tidak ingin berhenti mendengarkannya, music ini sedang digandrungi anak-anak muda, karena irama nya cukup unik dengan aransemen music berirama beat ditambah dengan efek-efek yang membuat mendengar menjadi ketagihan dan ingin menggerakan badan.
Nah agar lebih jelas apakah itu music Dubstep ? berikut penjelasanya :
Dubstep adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari London Tenggara, awalnya hanya menjadi salah satu tema bagi kalangan tertentu saat merayakan pesta. Musik Dubstep mulai ramai dibicarakan pada 2001 di kalangan anak muda London, Inggris. Dubstep populer buat anak muda yang suka bereksperimen dengan musik garasi. Dengan makin maraknya musik-musik remix juga ikut membuat jenis musik ini tersebar luas.
Pakar dubstep di luar negeri boleh dibilang sangat banyak, seperti Skrillex (ex From First To Last), Excition, Zomboy, Kill The Noise, Noisia, dan masih banyak lagi.
Musik dubstep makin sering didengar di radio, tercatat pada 2003 oleh Dj Jhon Peel yang memainkannya di BBC radio dan Dj Mary Anne Hobbs yang juga memperjuangkan dubstep sebagai salah satu genre musik.
Di Indonesia, sebenarnya sudah banyak acara dubstep yang dibuat, salah satunya acara rutin, yakni ‘24/7 Dubstep’ dan ‘Agriculture’.
Ciri-ciri dari Dubstep :
Seringkali dubstep hanya sebagai music instrumental saja, tanpa ada vokal di dalamnya. Inti dari dubstep itu adalah: Bass! Tempo dari dubstep rata-rata antara 138 bpm sampai 142 bpm, lebih lambat dari genre Drum and Bass, serta irama ketukannya nggak 4/4 yang biasa dipakai house music atau musik techno yang lain. Musik dubstep banyak memakai bassdrop, yaitu ketika bass tiba-tiba mendadak tinggi nada-nya, berubah dari tinggi ke rendah seolah-seolah seperti jatuh. Memang tidak semua dubstep memakai bassdrop, tapi hal inilah yang biasanya menjadi kunci khas dari dubstep.

Selain bass drop, sering juga lagu yang di mainkan lagu-lagu populer, DJ dubstep biasanya akan memutar balik piringan rekaman tanpa diangkat, dan mulai lagi lagunya dari awal. Nah, teknik ini dinamakan rewind atau reload.

Jadi, sudah tahu kah apa itu music Dubstep? Semoga tulisan singkat ini bermanfaat,  jika berkenan dengar lah music-musik Dubstep di situs-situs media streaming, seperti di Youtube, Soundcloud, dan sebagainya

Referensi :
http://hendynoize.net/2012/02/04/fakta-dan-tips-tentang-dubstep/
http://www.banjaristi.web.id/2012/02/semua-tentang-dubstep.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar